Selasa, 20 November 2012

1.967 Lowongan dari 38 Perusahaan


**Pagi Ini JMF Dibuka Sekaligus Resmikan Bursa Kerja On Line


Terobosan luar biasa kembali dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Samarinda dengan kembali melaksanakan Job Market Fair (JMF) atau bursa lowongan kerja dengan menyiapkan 1.967 lowongan dan 103 jenis jabatan dari 38 perusahaan yang mengikuti pameran di GOR Segiri Jl Kesuma Bangsa selama 2 hari, Rabu –Kamis (21-22/11).
 “Dari 1.967 lowongan kerja yang disiapkan, hingga siang ini (kemaren, red) sudah 835 orang yang mengambil formulir dan 4.032 yang mengunjungi blogspot Disnaker,” ungkap kepala Disnaker Samarinda Dr Mugni Baharudin didampingi ketua panitia penyelenggara Agus Sundawihaha usai memimpin rapat persiapan JMF di kantornya, Selasa (20/11).
Menurut Mugni, melalui JMF ini akan mempermudah pencari kerja untuk mendapatkan lowongan pekerjaan guna mengurangi pengangguran di Samarinda yang hingg Oktober 2012 sebanyak 10.252 orang, sementara yang dapat ditempatkan 1.670 orang atau hanya 16,29 persen yang dapat ditempatkan melalui Disnaker.
“JMF ini juga mempermudah pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan, krena pengguna tenaga kerja akan menyeleksi langsung para pencari kerja sesuai standarisasi dan kualifikasi tadi,” tegas Mugni.
Dalam kegiatan yang akan dibuka walikota Syaharie Jaang sekaligus pula peresmian bursa kerja on line (BKOL). “Dengan diresmikan bursa kerja online ini, nanti para pencari kerja bisa mengakses informasi lowongan pekerjaan yang tersedia di dalam negeri dan luar negeri, baik di tingkat pusat, propinsi dan daerah-daerah secara online melalui internet, baik di rumah, warnet dan sekolah,” jelasnya.
Namun, lanjut Mugni pihaknya telah menyiapkan perangkatnya di kantornya yang bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin mengetahui info pekerjaan. “Dengan perangkat ini, para pencari kerja bisa mencari pekerjaan secara online melalui situs www.infokerja.depnakertrans.go.id. Tidak hanya pencari kerja, perusahaan yang akan mencari tenaga kerja juga bisa mengumumkan lowongan kerjanya melalui BKOL ini.
Kembali ke JMF, Agus menambahkan kegiatan ini didukung dari Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Adapun 32 perusahaan itu diantaranya PT Luhribu Naga Jaya, Rumah Sakit Haji Darjad, PT Gramedia Cahaya Semesta Abadi, PT Bank Mega, PT Bank Bukopin, PT Artanusa Indo Etam, PT Ace Hardware Indonesia, PT Bara Jaya Energy, Bank Danamon, Hypermart Samarinda, RS Dirgahayu, Aston Samarinda Hotel, Swiss Bell Hotel Borneo, PT Matahari Deptstore, PT Bank BTPN.(hms2)